Pahlawan Kemana dan Ada di Mana?

nasionalismeAku mengucapkan terimakasih kepada para pejuang bangsa, para manusia pembela tanah tumpah darah indonesiaku ini. Dengan perjuangan, semangat, dan pengorbanan yang tak terkira. Dari darah hingga nyawa yang kau berikan untuk negeri yang tercinta. Tidak menyerah, dan tak putus asa walau dengan tombak kayu, ataupun bambu. Tak gentar menyerang lawan, merebut kebebasan hakiki dari penjarah ,penjajah kemerdekaan.

Apakah sekarang ini kata pahlawan masih berlaku? Apakah Ironman, Batman, atau Jokowi yang kini bisa disebut pahlawan? Siapa yang sekarang ini bisa disebut pahlawan selain ayah dan ibumu? Apakah mereka yang tinggal di jln. Jendral Gatot Subroto Jakarta Pusat itu pahlawan? Ataukah pahlawan itu yang berada di Istana Merdeka?atau jangan-jangan kamu yang sekarang sedang membaca itu pahlawan jaman sekarang? Jadi apakah pahlawan di jaman sekarang masih berlaku? Atau masih ada?

Di tiap-tiap hatimu yang bersih tersimpan sikap pahlawan, di dalam kekuranganmu ada sedikitnya sifat pahlawan. Di masyarakat yang penuh kriminal pun ada satu atau dua orang yang berjiwa pahlawan. Diantara puluhan koruptor yang terkait hambalang, pasti di pikirannya tahu apa itu pahlawan. Apakah pahlawan itu ada? Ada, namun apakah tampak ke permukaan sang pahlawan itu? mungkin. Jelas kamu adalah pahlawan dengan apa yang kamu perjuangkan, kalian memang pahlawan untuk dirinya sendiri, orang tuamu pahlawan untuk rumah tangganya sendiri. Pak Presiden pahlawan untuk pendukung, dan pengagumnya sendiri, Pak Jokowi pahlawan untuk masyarakat yang mencintai Pak Jokowi dan blusukannya. Dan aku pahlawan dengan caraku sendiri. Setiap diri manusia punya karakter kepahlawanan,namun  yang menjadi persoalan, apakah sikap dan sifat kepahlawanan itu bisa tumbuh melalui hiruk pikuk dunia yang kini penuh dengan dosa?entahlah. Mungkin  kepribadian pahlawan itu seperti hidayah, tak sembarang orang yang  bisa memunculkan kepahlawananan untuk bangsanya.nasionalisme

Pejuang masa lampau atau pahlawan bila kita menyebutnya sekarang, mempunyai peranan yang terbilang sangat besar bagi perjuangan melawan penjajah. Ada Bung Tomo sang pejuang muda yang mempelopori para TKR dan pemuda untuk melawan pasukan Belanda yang di boncengi Inggris di Surabaya. Ada KH Zaenal Mustofa di Tasikmalaya, berjuang dengan santri-santrinya untuk melawan penindasan dan penjajahan pada saat pendudukan Jepang. Ada Pattimura pahlawan dari maluku, memimpin rakyat Maluku untuk mengangkat senjata melawan VOC Belanda yang busuk karena Monopoli Politik dan perdagangannya. Ada Cut Nyak Dhien pejuang perempuan dari Aceh, melawan penjajah belanda pada perang Aceh, hingga pada akhirnya beliau harus kehilangan suaminya yang gugur di medan perang. Juga beliau harus merasakan pula diasingkan ke Sumedang oleh pihak belanda karena peran pentingnya bagi perjuangan masyarakat aceh. Dan masih banyak nama pahlawan lainnya lagi yang cukup membakar rasa nasionalisme di jiwa kita. Semangat heroik mereka bisa dirasakan hingga kini dengan kemerdekaan yang sekarang masih kita alami.

 Jaga negeri ini, harumkan bangsa ini dengan kebaikan-kebaikan dan prestasi yang mengagumkan, sebagai tanda kita meneruskan perjuangan para pahlawan masa lampau, juga untuk menyiratkan bahwa kita sebagai anak bangsa layak diberi gelar pahlawan juga. Selamat Hari Pahlawan

Iklan

18 responses to “Pahlawan Kemana dan Ada di Mana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s