Rok Mini : Antara Sakit Hati dan Seni Memasak yang Berujung Kebahagiaan

Rok Mini, kepanjangan dari Rok Mini Lestari, gadis desa yang ditinggal suaminya merantau ke kota. Ini tahun keenamnya didalam kesepian. Sudah tak ingat lagi kapan terakhir kali suaminya memberikan kabar. Seingatnya kabar terakhir  yang ia dapat dari suaminya adalah sebuah email (konon katanya jaman rok mini hidup belum ada computer) berisikan pesan bahwa sang suami kini memiliki KTP dengan status perkawinan belum kawin. Dan mengatakan bahwa dia akan pulang kalo hujan nanti turunnya kelapa parut bukan air. Rok Mini saat itu belum mengerti pesan dari suaminya, karena memang Rok Mini kala itu terjangkit penyakit buta huruf. Setelah sekarang, setelah Rok Mini melek huruf, sesudah ia menghabiskan sebelas tahun di IMF (Indonesia membaca federation)  ia mengerti akan pesan terakhir suaminya, kalau ternyata suaminya tak akan kembali, suaminya telah menceraikan Rok Mini. Sedih hatinya, berkaca-kaca matanya. Mengingat ia sangat rindu suaminya, mengingat ia sangat menunggu sosok ayah dari anak-anaknya, dan mengingat kalau ternyata dirinya memang belum punya anak.

Dari penderitaan yang sudah dilanda Rok Mini bertahun-tahun, Rok Mini mulai memanjangkan roknya yang mini karena digerogoti rayap. Kesedihannya ia tuangkan kedalam seni memasak. Berhari-hari ia tuangkan air matanya pada kompor dan karenanya kompornya tak menyala-nyala sebab kebasahan air mata. Berminggu-minggu ia ekspresikan kesakitan hatinya pada katel dan serok,seminggu kemudian katelnya bolong dan seroknya patah. Alhasil dari setahun ia berjerih payah menuangkan kesedihannya dalam memasak. Rok Mini berhasil menemukan penemuan baru didunia makanan. Rok Mini berhasil menciptakan Kicimpring (sejenis emping terbuat dari ketela atau beras ketan), sebuah makanan masterpiece dari seorang yang ahli dalam seni memasak. Perpaduan dari bahan-bahan yang khas. Dia memadukan adonan rahasia dengan sari singkong. Alternative selain singkong adalah  sari beras atau ketan. Benar-benar penemuan yang hebat di tahun 2089 (sebenarnya makanan ini sudah ada dari tahun 1890, cuman kabarnya punah di tahun 2020).

Kini RoK Mini menjadi Janda Kaya raya. Sekitar 20 perusahaan di bidang makanan ia punya. Makanan kicimpring pun sudah diekspor hampir kesemua Negara didunia, dan Negara-negara di planet mars (kabarnya mars dijaman itu dah banyak manusia karena transmigrasi), Rok Mini jadi pengusaha yang di perhitungkan di Negaranya, yakni Negara Kincir Bambu. Dan banyak parpol yang mendekati Rok Mini dengan tujuan keuntungan. Namun Rok Mini memang tak berminat di dunia politik, mungkin suatu hari ia berminat kalau ia berhasrat jadi presiden. Lalu bagaimana dengan kehidupan pribadi Rok Mini? Apakah Materi yang menjulang tinggi sebanding dengan kebahagiaan hatinya?.

Rok Mini masih pilu didalam hati meski semua kesenangan materi mudah ia dapatkan, ia masih dengan kesendiriannya, selama ini ia terlalu fokus dalam meniti karir di bisnis makanan, sehingga tak ada kesempatan baginya untuk mencari seorang pendamping hatinya, seorang pasangan yang akan menemaninya didalam kesibukan duniawi yang terus ingin digapainya. Pernah suatu waktu dalam keheningan di kemegahan istana tempat tinggalnya, Rok Mini melamunkan peristiwa-peristiwa yang telah ia alami. pengalaman jatuh bangun dalam usahanya, kenangan ketika ia ditinggal suaminya, memori ketika ia merasakan jatuh cinta, dicintai dan mencintai. Rok Mini akhirnya menangis, tangisan kerinduan akan sosok suaminya. Pria yang sangat sulit untuk ia benci.

Bertepatan dengan hari buruh sedunia, Rok Mini menyempatkan dirinya untuk pergi keluar di tengah-tengah kesibukannya sebagai pemimpin 20 perusahaan makanan. Ia berencana jalan-jalan singkat dengan tujuan akhirnya ke warnet (dijamannya Rok Mini kala itu, Warnet sejamnya 1 juta dollar). Dia berencana untuk membuat akun Twitter karena FB belum ada saat itu. Kaget alangkah kagetnya hati Rok Mini tatkala ia dikejutkan dengan tepukan di punggung sewaktu dalam perjalanan mau ke warnet (masalahnya punggungnya bis kena oprasi plastik). Ia tersentak karena ia melihat seorang yang dekil, kucel dengan bau tujuh wewangian sampah ada didepannya. “kamu Rok Mini kah..” pria itu berkata dengan parau sehingga terdengar seperti gumaman. Rok Mini hanya diam saja tak menggubris perkataan pria dekil itu. “betulkah yang kulihat itu kau Rok Mini?” si dekil yang kucel berkata lagi. Kali ini Rok Mini membalikan badan dan bergegas menjauhi si dekil. Si dekil pun berlari mencoba mendekati Rok Mini, Rok Minipun berlari dengan kencang, sidekil kucel pun berlari lebih kencang lagi. Akhirnya si dekil dan Rok Mini lari-larian, kejar-kejaran layaknya film Bollywood.. setelah sejam kejar-kejaran, si dekil kucel kecapean. Mendadak nafas nya tersengal hebat, sekali-kali datang cegukan. Rok minipun keheranan kenapa si dekil itu berhenti mengejar. Rok Mini berhenti berlari ia menyaksikan didepan matanya sang kucel sedang kesakitan. Perlahan-lahan Rok Mini mendekati sang dekil.

 “ini aku Rompi Bin Ohim, apakah kamu sudah tak kenal aku?”. Rok Mini terhenyak dengan perkataan parau si dekil. “coba kamu ulangi perkataan kamu tadi..!?” ucap Rok Mini dengan hati terkejut. “ia ini aku suamimu, Rompi…kkhllk..Bin Ohim..” ucap si dekil dengan kesusahan, karena sesak di jantungnya.” Rok Mini terguncang dengan apa yang diucap si dekil. Rok Mini merasa tak percaya, memori kesakitan, kenangan kepedihan kini kembali dirasakannya. “bukan, kau bukan mas Rompi Bin Ohim, Mas rompi bagiku sudah mati!”. Sang dekil masih dengan kesusahan dicampur dengan perasaan bersalah mencoba berkata-kata “ ini aku Rompi.. aku telah bertahun-tahun mencarimu, aku selama ini bersusah payah untuk menemukanmu”.”oh, rok mini cintaku, akhirnya aku menemukanmu..aku mencintaimu”. Dengan keraguan dan rasa marah yang menggebu Rok Mini lantas menjerit dan menangis sejadi-jadinya. “aku tak kenal kau, mas Rompi sudah lama mati dalam hatiku”.”kalau kau benar mas rompi, aku tak peduli, sudah cukup aku sakit hati selama bertahun-tahun, dan kini kau datang dengan perkataan busuk dan gombalmu,”simpan saja perkataan cintamu itu””setelah kau mengirimkan pesan email itu padaku, hatiku hancur berkeping-keping, lantas kini aku sudah kaya raya, kau mencariku dengan dalih mencintaiku” teriakan-teriakan kepedihan Rok Mini keluar begitu saja di barengi dengan suara klason dan kemacetan di jalan yang memang sedang macet. “aku tahu rok mini, memang aku yang salah, tapi dengarkan penjelasan aku”. “waktu itu aku di rantau, keadaan yang serba susah menimpaku, dengan kerterbatasan teknologi dan informasi aku kesusahan untuk menghubungimu, dan suatu hari aku punya teman yang punya hape 3g, dan katanya dengan hape itu kita bisa mengirim pesan kemana saja, keujung dunia manapun dengan yang namanya pesan elektronik atau email”.”aku sungguh senang kala itu, dan akhirnya aku memaksa dia untuk memnijamkan Hp 3g nya kepadaku, agar aku bisa menulis email ke kamu Rok Mini,..”. Rok mini terhenyak lagi “lantas? Apa yg kau kirimkan padaku?”.”justru pesan mu itu adalah kesakit hatinan buatku” Rok mini dengan kesal menjambak rambut sang dekil.

“dengarkan lah aku dulu rok mini, jangan dulu menjambak rambutku yang botak..” “setelah aku meminjam hape 3g temanku itu aku sendiri bingung, Karena kamu tahu sendiri kalau aku buta huruf juga buta warna, jadi aku kebingungan bagai mana aku menulis email buatmu, lalu aku menyuruh temanku…kkkkl, gheekk..” si dekil nafasnya tersengal hebat. “temanku apa,? Hayo cepat jelasakan..!” si Rok mini tambah kuat menjambak rambut botak si dekil.

“..gghheek.. eehh,, lalu aku menyuruh temanku yang buta untuk mengirimkan pesan email yang ditujukan buatmu..””aku menyuruhnya menulis pesan yang berisi ‘Rok mini yang kucintai, aku disini sedang mengalami kesusahan, tapi dengan cintaku yang besar kepadamu aku bisa bertahan melewati segala kesusahan ini, tunggu aku, aku pasti kembali tertanda Rompi Cakep suamimu”

“heh rompi, kau jangan berbohong, tak ada isi kata seperti itu dalam pesan email mu itu”. “justru kau berkata bahwa kau punya KTP dengan status perkawinan lajang, dan kau akan pulang jika hujan turunnya parut kelapa..””kau jangan mempermainkan aku”. Rok Mini semakin menanjak emosinya

Dengan nafas sambil tersengal si dekil yang ternyata memang sudah jelas adalah suami si Rok Mini mencoba berkata-kata kembali. “ia ternyata temanku yang buta itu tidak biasa memakai hape 3g dengan tombol penulisan QWERTY, dan yang menyebabkan isi pesan aku kepadamu kacaa…aau,,hhhehhhh ghleeek.. kacaau maksudku..”dengan kesakitan si rompi berusaha menyelesaikan kata-katanya. “aku pun kaget setelah mendengar penjelasan dari teman tunanetra ku itu,,” “setelah itu aku mencoba untuk pulang secepatnya, agar kau tak salah paham, tapi apa daya aku malah tersesat ke negri Kamerun, karena salah naik kapal ilegal. Jadinya aku terus mencari jalan pulang dari Kamerun hingga kesini.” Selama bertahun-tahun aku menderita dan akhirnya aku sampai kesini dan sekarang berbuah hasil dengan bertemu kamu, wahai cintaku Rok,, Mini,,,hhhgleek..”

Rok Mini kaget, Rok Mini tak percaya dengan apa yang terjadi, dengan kesedihan yang mendalam dan kerinduan yang teramat sangat Rok Mini pun memeluk si dekil yang sedang duduk tergeletak karena kesakitan itu.. “jadi mas rompi selama ini tidak menceraikanku,””tidak meninggalkanku?, ternyata mas rompi selama ini mencoba mencariku dengan bersusah payah dan segala penderitaan?,”,

Rompi pun tersenyum dengan kesusahan, dan menjawab segala pernyataan istrinya dengan kesusahan pula.”ia, aku mencarimu, aku terus mencoba menemukanmu.. aku cintaa kaaa… ghelleeek.. kkaamuuu..” rompipun kehabisan nafas dan terkulai tergeletak di pangkuan Rok Mini.

“mas… mas..” kenapa kau mas..?” Rok Mini was-was dengan sikap tak sadarkan diri sang suaminya.

“mas..mas Rompi Bin Ohim… mas, bangun mas, jangan kau tinggalkan aku, jangan kau pergi lagi setelah kita bertemu dalam kesalahpahaman ini, mas..mas…” “belum sempat aku menikmati pertemuan kita, belum sempat aku mencoba berbehagia dengan mu mas…bangun mas.” Rok Mini terus menggoyang-goyangkan tubuh Rompi yang terkulai, namun tak  ada  sebuah respon. “mas.. bangun mas.., mas rompi bin Ohim , aku mencintaimu mas, aku dari dulu tidak bisa melupakanmu. Mas bangun…… MASSSS…MAAASSS!

Rok Mini akhirnya hidup berbahagia dengan suaminya Rompi Bin Ohim,, sempat berpikir bahwa suaminya mati ketika perjumpaan yang memilukan kala itu, ternyata suaminya hanya pingsan karena dehidrasi,..Rok Mini dan Rompi Bin Ohim, Kini tiada,  meninggalkan 15 anak dan 59 orang cucu, peristiwa Rok Mini dan Rompi Bin Ohim hanya seutas kecil tragedy dari kisah cinta yang diberikan Tuhan kepada makhluknya.

Iklan

3 responses to “Rok Mini : Antara Sakit Hati dan Seni Memasak yang Berujung Kebahagiaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s